stats count

Fakta Tentang Hidrogen dan Sel Bahan Bakar

Jika Anda belum pernah mendengar tentang hidrogen dan sel bahan bakar sebelumnya, dengarkan. Teknologi ini sedang berkembang pesat dan memiliki potensi untuk memecahkan beberapa masalah terbesar dalam energi mulai dari bangunan komersial hingga transportasi.

Dan, sementara kebanyakan orang lebih akrab dengan tenaga surya, angin, dan baterai, awasi terus teknologi yang akan datang ini yang dapat menambah bauran energi bangsa kita yang beragam.

Berikut adalah lima hal yang perlu diketahui tentang hidrogen dan sel bahan bakar.

1. HIDROGEN ADALAH ELEMEN PALING BERLIMPAH DI BUMI.
Hidrogen merupakan bahan bakar alternatif yang memiliki kandungan energi sangat tinggi menurut beratnya. Itu terkunci dalam jumlah besar dalam air, hidrokarbon, dan bahan organik lainnya. Hidrogen dapat diproduksi dari beragam sumber daya domestik termasuk bahan bakar fosil, biomassa, dan elektrolisis air dengan angin, matahari, atau listrik jaringan. Dampak lingkungan dan efisiensi energi hidrogen bergantung pada cara produksinya.

2. FUEL CELL DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MEMBERIKAN DAYA UNTUK BEBERAPA APLIKASI.
Hidrogen dan sel bahan bakar dapat digunakan dalam berbagai aplikasi. Mulai dari menyalakan gedung, mobil, truk, hingga perangkat elektronik portabel dan sistem tenaga cadangan. Karena sel bahan bakar tidak bergantung pada jaringan, mereka juga merupakan pilihan yang menarik untuk fungsi beban kritis seperti pusat data, menara telekomunikasi, rumah sakit, sistem tanggap darurat, dan bahkan aplikasi militer untuk pertahanan nasional.

3. SEL BAHAN BAKAR ADALAH CARA BERSIH UNTUK MENGHASILKAN TENAGA.
Sel bahan bakar mirip dengan baterai karena menghasilkan listrik tanpa pembakaran atau emisi. Tidak seperti baterai, sel bahan bakar tidak habis atau perlu diisi ulang—selama ada sumber bahan bakar dan oksigen yang konstan. Dibandingkan dengan kendaraan bensin konvensional, kendaraan sel bahan bakar bahkan dapat mengurangi karbon dioksida hingga setengahnya jika hidrogen diproduksi oleh gas alam dan 90% jika hidrogen diproduksi oleh energi terbarukan, seperti angin dan matahari. Juga tidak ada polutan yang keluar dari pipa knalpot—hanya air!

4. MOBIL FUEL CELL SANGAT SERUPA DENGAN MOBIL BERTENAGA BENSIN TRADISIONAL.
Mirip dengan kendaraan bensin saat ini, mobil listrik sel bahan bakar dapat memiliki jarak tempuh lebih dari 300 mil dalam satu tangki bahan bakar hidrogen. Mereka dapat mengisi bahan bakar hanya dalam beberapa menit dan pengalaman mengisi bahan bakarnya hampir identik dengan pom bensin. Karena “mesin” (yaitu, sel bahan bakar) tidak memiliki bagian yang bergerak, Anda tidak perlu mengganti oli. Tetapi karena sel bahan bakar dua kali lebih efisien daripada mesin pembakaran internal, mobil sel bahan bakar berjalan lebih jauh dengan tangki hidrogen daripada mobil tradisional dengan bensin. Ini berarti Anda hanya membutuhkan setengah jumlah hidrogen, dengan penghematan bahan bakar dua kali lipat.